Tips dan Trik Merawat Aki Kering Agar Panjang Umur

Aki merupakan sumber kelistrikan pada mobil, perannya sangat penting sebagai pemicu awal untuk menghasilkan tenaga sebagai penggerak komponen-komponen mobil. Ada beberapa fungsi aki, yaitu sebagai starter atau pemicu awal pada mesin mobil yang baru akan dihidupkan, sebagai penyimpan listrik setelah mesin mobil hidup dan sebagai stabilisator listrik mobil Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana Merawat Aki Kering Agar Panjang Umum.

Macam - macam Aki

Ada 2 (dua) macam jenis yaitu aki kering dan aki basah, yang mana kedua jenis aki tersebut memiliki kebutuhan dan fungsi yang berbeda. Namun untuk saat ini aki jenis kering dipilih oleh hampir semua pabrikan otomotif di dunia untuk dipadukan pada setiap kendaraan yang diproduksi oleh mereka. Hal ini dikarenakan teknologi yang semakin canggih misalnya Fuel Injection memang membutuhkan aliran listrik yang kuat, stabil dan praktis serta memiliki umur yang panjang.

Pada aki kering, pengguna tak perlu selalu mengecek dan memeriksa ukuran airnya, aki jenis ini pun sangat mudah dalam perawatannya dibandingkan aki jenis basah. Meskipun demikian, dibutuhkan cara merawat aki kering mobil dengan tepat agar memiliki usia pemakaian yang lebih lama.

Berikut ini ada beberapa cara merawat aki kering pada mobil anda dapat awet serta berfungsi dengan baik :

    1. Kendarailah Mobil

Semakin sering anda menggunakan mobil anda agar sistem pengisian listrik bekerja dengan baik supaya penyuplaian listrik pada aki mobil akan stabil. Jika memang tidak pernah anda gunakan maka panaskanlah mobil anda minimal 2-5 menit setiap harinya agar terhindar dari kerusakan yang berarti pada aki mobil anda.

    2. Hindari Jalanan Berlubang

Jalan yang berlubang atau rusak akan membuat guncangan pada mobil dan tentu juga pada akinya, sel-sel pada komponen aki akan cepat rusak jika terlalu sering mendapatkan guncangan yang berlebih.

    3. Perhatikan Kondisi Kelistrikan

Komponen ini termasuk kedalam bagian yang rawan akan terjadinya kerusakan. Agar terhindar dari kerusakan pada bagian kelistrikan pastikan kabel-kabel yang ada selalu tertutup dan jangan dibiarkan terbuka. Jika ini sampai dibiarkan terjadi maka dampat akibatnya umur kabel yang tidak akan bertahan lama yang akan berdampak pada umur aki yang semakin pendek. Dan salah satu komponen yang paling rawan dan paling vital pada bagian kelistrikan pada sebuah kendaraan adalah kiprok. Pastikan kiprok ini terlindungi dan dalam keadaan yang masih bagus.

    4. Charging Seperlunya

Jika daya listrik sudah melemah maka charginglah seperlunya. Aki kering dapat menggunakan alat khusus yang memiliki daya yang kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere. Untuk membuat daya listrik aki kembali penuh dibutuhkan waktu 5 hingga 8 jam tergantung dengan besaran daya aki.

Merawat aki secara teratur membuat sistem kelistrikan mobil anda akan selalu dalam kondisi yang normal dan juga komponen-komponen yang berkaitan akan bekerja dengan baik. Dengan begitu bukan hanya aki anda yang awet dan tahan lama, mobil anda pun akan berumur panjang.


Cetak